Minggu, 06 Maret 2011

Keanekaragaman Indonesia

Negara kita memang memiliki banyak sekali keanekaragaman adat istiadat dan budaya. Dari mulai bahasa, pakaian adat, hingga rumah adat di masing-masing propinsi berbeda-beda.

Sekedar info, negara kita memiliki salah satu rumah adat yang cukup terkenal hingga ke mancanegara yaitu Rumah Panggung Woloan. Rumah panggung merupakan rumah adat Minahasa yang dapat kita jumpai di kota Tomohon, Sulawesi Utara. Keunikan dari rumah panggung ini adalah rumah panggung ini dapat dipindahtempatkan sesuai keinginan lokasi yang diinginkan. Rumah ini terbuat dari beberapa bagian kayu yang disusun sehingga terbentuk menjadi sebuah rumah. Bagian-bagian kayu ini dapat dibongkar pasang sehingga rumah ini dapat dipindahtempatkan. Karena bahannya terbuat dari kayu maka diperlukan tenaga yang memiliki kreatifitas dan kemampuan indiviu yang tinggi. Kreatifitas dan Kemampuan individu yang tinggi inilah yang membuat harga dari rumah panggung ini bernilai puluhan hingga ratusan juta rupiah.
Meskipun harganya pembuatannya mahal tetapi masyarakat kota Tomohon kebanyakan menggunakan rumah ini sebagai tempat tinggal mereka. Mereka lebih bangga menggunakan rumah panggung ini dibandingkan rumah yang terbuat dari batu bata. Sebagai pribadi yang bukan keturunan minahasa saya salut dan bangga untuk masyarakat kota Tomohon. Semoga tulisan ini dapat menambah wawasan teman2 mengenai rumah panggung woloan dan menambah rasa cinta teman2 untuk Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar